Cara Backup dan Merestore Data Aplikasi Dapodik

Sebaiknya bagi OPS harus memiliki salinan data sebelum melakukan sinkronisasi pada Aplikasi Dapodiknya, tujuannya ialah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti rusaknya data, beberapa data ada yang hilang sehingga mempengaruhi kinerja aplikasi, dan sebagainya. Tidak dianjurkan tapi akan menjadi masalah jika selalu mengabaikan langkah ini, dan tentunya akan mempengaruhi keprofesionalan anda dalam menangani data.

Berikut tips ringan dan siapa pun pasti mudah melakukannya dalam membackup dan merestore salinan data pada aplikasi dapodik :

Cara Backup Salinan Data Dari Aplikasi Dapodik

Sebelum anda melakukan sinkronisasi, ada baiknya anda backup atau menyimpan salinan data (copy paste) dari kedua folder berikut yang ada di dalam folder aplikasi dapodik anda pada program file di lokal C, yakni folder database dan folder dataweb.


Terserah anda, mau menempatkan kedua folder di atas di mana, dan tentunya yang paling penting adalah anda mudah mengingatnya.

Setelah anda mengamankan kedua folder di atas, itu artinya anda sudah membackup salinan data dari aplikasi dapodik, selanjutnya anda bisa melakukan sinkronisasi.

Cara Merestore Salinan Data dari Aplikasi Dapodik

Ada kemungkinan hal yang tidak diinginkan terjadi pada aplikasi dapodik anda setelah melakukan sinkronisasi. Tidak perlu merasa khawatir karena anda sudah memiliki salinan datanya, cukup dengan merestore salinan data yang sudah dibackup, aplikasi anda kinerjanya akan kembali seperti semula, berikut tahapannya :

1. Klik ribbon pada start menu atau tekan tombol jendela pada keyboard, kemudian ketikkan kata kunci services.msc pada kotak search lalu ENTER.


2. Akan tampil jendela layanan konfigurasi seperti gambar berikut. Geser laman jendela ke bawah sampai anda menemukan kata DapodikDB dan DapodikWebSrv.


3. Setelah ketemu, silahkan dipilih, dan perhatikan kolom yang ada di sebelah kiri jendela, klik Stop untuk menonaktifkan fungsi aplikasi dapodik.


4. Salin semua salinan data backup yang anda sudah amankan tadi kembali ke folder aplikasi anda, kemudian lakukan lagi langkah 1 sampai 3 di atas, kemudian di sebelah kiri jendela klik Start untuk mengaktifkan kembali aplikasi dapodik anda.

Sekarang fungsi aplikasi dapodik anda kembali seperti semula persis sebelum anda melakukan sinkronisasi. Silahkan login ke aplikasi dapodik anda untuk melihat hasil perubahannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dari Kecantikan

Cara Mudah Memindahkan Domain Pada Blogspot.Com

Jossss Gandossss! Duda Menikahi Dua Wanita Sekaligus