Salah Penempatan Rombel hingga Mengembalikan Data PD yang Sudah Dikeluarkan dari Dapodik Versi 2021.C

Mungkin anda adalah salah satu dari sekian banyak Operator yang mengalami masalah pada salah penempatan rombel. Sudah salah rombel, kemudian mencoba melakukan metode lama mutasi dan tarik data antar sekolah dan akhirnya menemukan jalan buntu.

Kemudian mencoba mengatasinya dengan cara terakhir, yakni menghubungi admin dinas provinsi atau kabupaten, hanya saja terlalu banyak syarat yang harus dipenuhi, buat persuratan ini dan itulah dan sebagainya. Atau mungkin saja dikasih solusi bisa japri melalui kontak WA, dan tentunya kita tau sendiri kalau melalui kontak WA pastinya akan bnyak operator yang harus dilayani, di sini pasti ribet lagi lah, permasalahan makin lama bisa tuntas.

Lalu apa yang harus dilakukan?


Di sini kita memerlukan aplikasi pihak ketiga, nama aplikasinya adalah Dapodik Lite, dan aplikasinya bisa diunduh di sini

Aplikasi yang digunakan ini dirilis oleh Adithya Exa Ramadhan, sehingga pertama kali kita jalankan aplikasinya maka yang muncul adalah kotak dialog aplikasi seperti gambar berikut.


Langkah-langkah Instal Dapodik Lite


1. Hapus terlebih dahulu riwayat browser atau peramban yang digunakan dengan tombol kombinasi Ctrl+Shift+Delete.

2. Ekstrak file unduhan Dapodik Lite.

3. Klik kanan mouse pada file psqlodbc-setup.exe lalu pilih Run as administrator.

4. Ikuti instruksi instalasi hingga selesai.

Cara Menggunakan Aplikasi


Di aplikasi Dapodik Lite ini ada dua tugas utama yang bisa kita kerjakan, pertama adalah Penempatan siswa pada rombel yang seharusnya, dan kedua adalah membatalkan PD Keluar.

1. Penempatan Rombel

Jalankan file LiteDapodik.exe dengan cara klik kanan mouse, lalu pilih Run as administrator. Kemudian pilih username/email yang digunakan dan selanjutnya akan tampil secara default menu utama aplikasi Ganti Rombel.


Cari Peserta Didik yang dianggap salah rombel, kemudian di bagian baris Pendaftaran dan Rombel Kelas bisa disesuaikan, terakhir klik Simpan.

2. Batalkan PD Keluar

Jalankan file LiteDapodik.exe dengan cara klik kanan mouse, lalu pilih Run as administrator. Kemudian pilih username/email yang digunakan dan selanjutnya akan tampil secara default menu utama aplikasi Ganti Rombel. Kemudian pilih menu Batalkan PD Keluar.


Cari Peserta Didik yang ingin dikembalikan ke menu utama, lalu klik Batalkan.

Selanjutnya bisa dicek hasil perubahannya pada aplikasi dapodiknya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dari Kecantikan

Cara Mudah Memindahkan Domain Pada Blogspot.Com

Jossss Gandossss! Duda Menikahi Dua Wanita Sekaligus