Penggunaan Ayurveda pada Henna

 

Anda mungkin pernah mendengar henna yang dikenal sebagai pewarna rambut atau tato, tapi tahukah Anda bahwa henna memiliki kegunaan lain? Kebudayaan India Ayurveda telah


menggunakannya selama beribu tahun dalam persiapan pengobatan.

Apa itu Ayurveda?

Ayurveda adalah budaya pengobatan India yang kurang lebih mirip dengan pelaksanaan pijat dalam budaya Oriental. Kata itu berarti ilmu pengetahuan atau penelitian tentang umur panjang seperti diartikan dari bahasa Sansekerta. Hal ini dilihat sebagai sesuatu yang saling melengkapi dan alternatif praktek pengobatan di belahan bumi bagian barat.

Ayurveda berdasarkan lima elemen kehidupan : bumi, air, api, udara, dan eter. Tubuh merupakan bagian dari  kombinasi elemen-elemen yang menyusun dunia secara keseluruhan. Perbedaan praktek didesain untuk membawa tubuh menuju kesatuan dengan Dunia dan meningkatkan umur panjang.

Henna

Henna adalah semak bunga yang ditanam, khususnya di India. Bunga-bunga tersebut berwarna pink dan putih. Seluruh bagian semak dapat digunakan untuk beberapa keperluan pengobatan. Tanaman ini diketahui meninggalkan bau yang sedap di belakangnya jika batangnya dihancurkan. Nama Henna sebenarnya berarti harum dalam bahasa Arab.

Para praktisi Ayurdeva menggunakan henna dalam bubuk, pasta, dan bentuk cairan. Henna ini dapat digunakan sebagai bahan kosmetik dan obat. Berikut beberapa contohnya :

Pewarna rambut

Henna dapat digunakan untuk memberi warna putih atau abu-abu pada rambut. Bahan ini dicampur dengan pewarna untuk mengembalikan warna pada rambut. Penggunaan dalam shampo, henna merupakan conditioner yang efektif. Bahan ini masih belum terbukti di dalam pengujian klinis, tapi para penata rambut yang menyarankan ayurveda menyatakan bahwa mereka melihat perkembangan di dalam klien yang memiliki alopecia dan beberapa kondisi rambut lainnya setelah mereka menggunakan henna pada klien mereka.

Masalah kulit

Daun-daun yang dihancurkan pada semak henna dapat digunakan untuk membuat suatu bentuk pasta. Pasta ini dapat membantu mereka yang menderita bermacam-bermacam kondisi kulit. Penerapan pasta ini pada biang keringat dimaksudkan untuk memancing keluar luka bakar dengan melepaskan panas dan memberikan perasaan lega. Untuk gigitan serangga, pasta dapat mengurangi peradangan yang mengikutinya. Setelah kusta dibersihkan, henna dapat digunakan untuk mengembalikan kehalusan pada kulit.

Penyakit Gastrointestinal (sekitar perut dan usus)

Bijinya dapat dihancurkan menjadi bubuk dan digunakan untuk penyakit-penyakit dalam. Misalnya, bubuk ini dapat dicampur dengan clarified butter dan diminum untuk meringankan disentri. Mengubah biji atau batang menjadi bubuk dapat digunakan untuk membantu penyakit yang berhubungan dengan hati seperti cirrhosis atau pembesaran hati.

Masalah Ginekologi

Henna telah digunakan debagai persiapan untuk meringankan peradangan pada vagina, cervix dan borok pada vagina. Penting untuk menggunakan rebusan henna secukupnya untuk beragam penyakit.

Kosmetik

Henna telah diketahui untuk membantu mereka yang memeiliki kulit belang untuk mengembalikan warna ke  titik - titik tertentu. Dalam kosmetik henna bekerja sebagai sebuah penyamaran untuk meratakan warna kulit.

Henna memiliki begitu banyak kegunaan lainnya daripada yang telah diketahui sebelumnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dari Kecantikan

Cara Mudah Memindahkan Domain Pada Blogspot.Com

Jossss Gandossss! Duda Menikahi Dua Wanita Sekaligus