Pasokan ASI Yang Sedikit.

Hampir semua wanita tidak mempunyai masalah memproduksi ASI yang cukup untuk menyusui bayinya. Cara ideal untuk mengetahui jika bayi anda mendapatkan ASI yang cukup adalah


yakin bahwa anda memposisikan bayi anda dengan benar menempel pada payudara dan selalu menyusuinya disaat ia lapar.


Sebagian ibu yang menyusui bayinya akan berhenti sebelum mereka menginginkannya hanya karena berpikir mereka tidak mempunyai cukup ASI.


Ada beberapa tanda yang mungkin bisa membuat anda percaya bahwa bayi anda tidak mendapatkan ASI yang cukup. Jika bayi anda terlihat lapar atau tidak tenang setelah disusui, atau jika ia seringkali ingin menyusu dengan jeda sebentar diantara waktu menyusui, anda mungkin berpikir ia tidak cukup mendapatkan susu - yang seringkali ini bukan masalahnya.


Walaupun demikian, terdapat dua tanda yang bisa dipercaya untuk anda tahu bahwa bayi anda tidak mendapatkan ASI yang cukup. Jika berat badan bayi anda kurang atau pertumbuhannya sangat lambat, atau jumlah buang airnya sedikit, maka ia pasti tidak mendapatkan ASI yang cukup.


Semua bayi akan kehilangan berat badan beberapa hari setelah dilahirkan. Bayi dilahirkan dengan persediaan lemak dan cairan yang akan membuatnya bertahan untuk beberapa hari pertama setelah dilahirkan.


Setelah bayi anda mendapatkan kembali berat badannya seperti waktu ia lahir, ia akan mulai bertambah beratnya sekitar 200g untuk 4 bulan pertama atau lebih. Normalnya membutuhkan beberapa minggu untuk mendapatkan kembali berat badan seperti waktu lahir.


Jika pertumbuhan berat badan bayi anda terlihat lambat, jangan ragu untuk bertanya pada dokter atau perawat untuk memeriksa cara anda menyusui. Dengan cara ini, mereka akan memastikan bahwa tehnik menyusui anda sudah benar dan apakah bayi anda cukup sering disusui.


Untuk membantu anda dalam hal menyusui, berikut ini ada beberapa cara untuk meningkatkan suplai susu anda:

1. Pastikan bayi anda posisinya sudah benar dan menempel pada payudara anda.

2. Biarkan bayi anda menyusu sesering dan selama yang ia mau.

3. Jika anda merasa bayi anda kurang disusui, tawari ia untuk menyusu.

4. Pada setiap saat menyusui, pastikan anda menyusui dengan kedua payudara secara bergantian.

5. Jika bayi anda menggunakan dot, segeralah hentikan penggunaannya.

6. Sebagian bayi mungkin mengantuk dan enggan menyusu yang mungkin menjadi penyebab masalah dengan suplai ASI-nya.


Dengan mengikuti tips-tips di atas, anda melakukan peran anda untuk memastikan anda memiliki cukup ASI pada saat menyusui. Jika anda masih ragu atau mempunyai pertanyaan lain, bertanyalah pada dokter anda karena ia akan bisa menjawab apapun pertanyaan-pertanyaan yang mungkin anda miliki.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dari Kecantikan

Cara Mudah Memindahkan Domain Pada Blogspot.Com

Jossss Gandossss! Duda Menikahi Dua Wanita Sekaligus