Begini Cara Isi Pajak Adsense YouTube Hanya 0-10%

Adsense kali ini kembali menghebohkan para pengguna adsense dengan Informasi Pajak Amerika yang diwajibkan pada semua kreator dan partner YouTube. Google yang sudah resmi memiliki platform YouTube bermarkas di Amerika Serikat untuk semua kegiatan pembayaran kepada kreator di luar Amerika Serikat diwajibkan untuk melakukan pemungutan pajak mulai tahun ini, paling cepatnya pada bulan Juni 2021.


Informasi pajak ini, Google memberikan Informasi melalui akun google Email YouTube dan di Adsense mengenai besaran potongan pajak yang bisa ditentukan oleh para kreator dan partner YouTube hingga 31 Mei 2021. Jika tidak memberikan Informasi Pajaknya, maka Google akan melakukan kewajiban pajak hingga ke pemotongan 24% dari total seluruh penghasilan.

Mengapa Peraturan Ini Diberlakukan?


Sesuai dengan informasi dari Google bahwa berdasarkan chapter 3 U.S. Internal Revenue Code, Google bertanggung jawab untuk mengumpulkan Informasi Pajak dari semua Kreator di luar Amerika Serikat yang melakukan monetisasi dan dalam keadaan tertentu melakukan pemungutan pajak jika kreator tersebut mendapatkan penghasilan dari jumlah penonton yang berasal dari Amerika Serikat.

Dari sini sangat jelas, jika penghasilan Kreator YouTube kebanyakan diperoleh dari jam tayang penonton asal Amerika Serikat, maka akan dikenakan pajak sesuai dengan kesepakatan yang diberlakukan.

Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Penghasilan Kreator dan Partner?


Google juga menginformasikan jika Kreator dan Partner mengirimkan Informasi Pajaknya, maka pajak Amerika Serikat hanya dapat diberlakukan terhadap penghasilan Amerika Serikat bulanan dari Adsense. Misalnya tampilan iklan YouTube Premium, Super Chat, Super Sticker, dan Langganan Channel, pendapatannya diperoleh dari para penonton Amerika Serikat, inilah yang akan dikenakan pajak Amerika Serikat.

Namun, jika tidak mengirimkan Informasi Pajaknya, tarif pajak yang diberlakukan Google, pemotongannya akan menjadi lebih tinggi hingga mencapai 24% dari total penghasilan yang diperoleh dari penonton seluruh dunia.

Bagaimana Cara Mengirimkan Informasi Pajak Amerika Serikat?


Bagi yang ingin mengirimkan Informasi Pajaknya, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Kunjungi situs Google Adsense https://www.google.com/adsense dan login menggunakan akun Googlenya. Pada saat login, akan muncul informasi seperti gambar di bawah ini, selanjutnya Klik Kelola Info Pajak.


2. Klik TAMBAHKAN INFO PAJAK di halaman Kelola Info Pajak.


3. Silahkan login kembali menggunakan akun google anda.


4. Pada pilihan jenis akun pilih Perorangan, kemudian klik BERIKUTNYA.


5. Baris kewarganegaraan Amerika Serikat pilih opsi Tidak lalu klik BERIKUTNYA.


6. Pilih jenis formulir pajak W-8BEN kemudian klik MULAI FORMULIR W-8BEN.


7. Isi nama Individu sesuai nama yang tertera di kartu NPWP, nama DBA dikosongkan saja, dan isi nama Negara. Lalu di bagian isian TIN Asing diisi dengan nomor NPWP yang dimiliki tanpa tanda titik dan tanda garis datar. Kemudian klik BERIKUTNYA.



8. Di bagian kolom Kota diisi nama kabupaten jika tempat tinggalnya di Kabupaten dan diisi nama Kota jika tinggal di lingkungan Kota. Kemudian Isi nama Provinsi dan Kode POS nya, lalu centang "Alamat surat sama dengan alamat tempat tinggal tetap". Kemudian klik BERIKUTNYA.


9. Pada perjanjian pajak pilih Ya, dan centang baris "Penduduk negara yang mengklaim perjanjian dengan Amerika Serikat" lalu pilih negara Indonesia. Setelah itu di bagian Layanan (Adsense) pada kolom Pasal dan ayat pilih Pasal 8 Ayat 1 dan kolom Tarif pemotongan pajak pilih 0% (pengurangan tarif). Kemudian bagian Film dan TV (YouTube, Google Play) pada kolom Pasal dan ayat pilih Pasal 13 Ayat 2 dan kolom Tarif pemotongan pajak pilih 10% (pengurangan tarif). Lalu berikutnya bagian Hak cipta lainnya (YouTube, Google Play) pada kolom Pasal dan ayat pilih Pasal 13 Ayat 2 dan kolom Tarif pemotongan pajak pilih 10% (pengurangan tarif). Terakhir klik BERIKUTNYA.



10. Unduh ke 4 Formulir Perjanjian Pajak supaya bisa dipantau ulang. Jika dirasa sudah yakin dengan isian dokumen pajak yang dibuat, selanjutnya centang pernyataannya kemudian klik BERIKUTNYA.


11. Di bagian kolom Nama lengkap resmi diisi dengan nama lengkapnya, lalu pilih Ya di bagian opsi bahwa andalah yang tercantum di bagian tanda tangan.


12. Di bagian aktivitas, apakah anda pernah melakukan kegiatan layanan google di Amerika serikat? diisi Tidak jika belum pernah, dan centang pernyataannya. Kemudian di opsi pernyataan tertulis, pilih opsi "saya memberikan info pajak untuk profil pembayaran baru atau yang sudah ada yang belum menerima pembayaran". Terakhir klik KIRIM dan selesai.


13. Ini adalah tampilan Info Pajak Amerika Serikat anda telah disetujui.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dari Kecantikan

Cara Mudah Memindahkan Domain Pada Blogspot.Com

Jossss Gandossss! Duda Menikahi Dua Wanita Sekaligus